Jangan mengeluh masalahmu. Jika kamu merasa bebanmu lebih BERAT daripada yg lain, itu karena Tuhan melihatmu lebih KUAT daripada yang lain. Jangan berpikir kamu JATUH karena masalah yg diberikan Tuhan, karena sebenarnya Tuhan hanya menginginkanmu belajar BERDIRI. Seberat apapun masalah yg sedang menimpamu, tetaplah bersabar dan ikhlas. Hadapi dengan penuh tanggung jawab, pertolongan Tuhan pasti datang. Jangan pernah terpuruk karena suatu masalah. Bersabar dan berdoalah, percaya, tak ada masalah yang terlalu besar bagi Tuhan. Masalah adalah cara Tuhan tuk membuatmu dewasa, jangan lari darinya tapi hadapilah. Hanya mereka yg membuatmu bijaksana.

Translate

Tuesday 21 May 2013

Memupuk Percaya Diri Di Lomba Kuda-Kuda Nasional V UGM 2013



Pada tanggal 19-21 Mei 2013 merupakan acara dari Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil (KMTS) UGM yaitu acara yang diselenggarakan untuk menambahkan ilmu dan motivasi dari mahasiswa dari Teknik Sipil diseluruh Indonesia. Acara ini merupakan acara yang rutin dilaksanakan KMTS UGM setiap tahunnya dah tahun adalah tahun kelima. Dalam acara ini mandapatkan antusias yang luar biasa dari universitas diseluruh Indonesia. Serangkaian acara tersebut terdiri dari Seminar Nasional, Eco House, Bedah Buku, dan Lomba Kuda-Kuda. Acara yang ditunggu-tunggu yaitu lomba kuda-kuda karena merupakan menarungkan harga diri universitas yang akan melombakan materi yang diberikan di kampus dan terapkan untuk lomba. Lomba kuda-kuda mempunyai ketentuan yaitu kuda-kuda terbentuk dari kayu, bentuknya merupakan segitiga tidak simetris, dan tidak boleh memakai paku, dan lem. Hanya boleh memakai kayu atau bambu untuk mengganti paku sebagai pasak.
Cara penilaiannya pun mempunyai kriteria tersendiri yaitu dengan beban perkiraan itu harus sesuai bila tidak sesuai akan dikurangi. Dengan ketentuan bila melebihi beban perkiraan akan diminus 10 dan kurang dari beban yang diperkiraan akan diminus 15. Jadi, harus diperkirakan dalam mengitung pembebanan dengan cara menggunakan SAP. Tidak kalah penting dari itu penilaian juga berdasarkan kecepatan pengerjaannya, diberikan waktu empat jam untuk menyelesaikan pembutan kuda-kuda tersebut. Semakin cepat pembuatanya maka semakin tinggi nilainya. Dan terakhir untuk kriteria penilaian adalah dengan berat jenis bahan yang digunakan, toleransi 0,6 untuk berat jenisnya. Untuk lebih paham penilaiannya untuk pembebanan yaitu diumpamakan beban 300 kg, dan beban sebernarnya adalah 340 kg, maka kelebihan pembebanan. Maka beban yang lebih adalah 40 kg. Dengan rumus yaitu 110-beban yang melebihi. Jadi, penilaianya yaitu 110-40=70. Jadi nilai dari pembebanan tersebut adalah 70.
Banyak hal yang harus diperhitungkan untuk lomba kuda-kuda tesebut, dari persiapan, dan pelaksanaan. Tapi, kadang-kadang apa yang dipersiapkan dan dilaksanakan  berbeda. Faktor rasa gugup dan percaya diri sebagai petarung biasanya hilang bila bertemu dengan saingan yang di atas dan biasanya minder terlebih dahulu.
Ada 15 peserta dalam perlombaan ini, dan semua mempunyai kesempatan untuk bisa menjadi sebagai pemenang. Jadi, percaya diri sebagai petarung dalam perlombaan harus tertanam, berlatih dan terus berlatih harus diterapkan, dan tidak lupa untuk berdoa untuk kelancaran dalam perlombaan.
Mungkin delegasi yang dikirimkan Unnes harus terus berlatih dan harus mempunyai rasa percaya diri agar dalam perlombaan tidak gugup dan bisa mengatur waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Tahun depan harus lebih baik dari tahun sebelumnya merupakan pepatah yang tepat untuk delegasi Unnes, mahasiswa Unnes harus terus belajar. Berbeda jauh memang atmosfir di Unnes dan UGM dari segi mahasiswanya, untuk mahasiswa UGM itu mempunyai percaya diri dan tekad agar bisa mewujudkan apa yang dikejar dengan usaha yang nyata. Mungkin Unnes butuh berlatih dari mahasiswa UGM. Tapi, Unnes pasti bisa menjadi juara. Amin.

Rancang Kuda-kuda dari UNSRI

Rancang Kuda-kuda dari ITS

Rancang Kuda-kuda dari UNY

Rancang Kuda-kuda dari POLBAN-JJ 06

Rancang Kuda-kuda dari Unnes

Rancang Kuda-kuda dari UI

Rancang Kuda-kuda dari UNRAM


Rancang Kuda-kuda dari ST Inten Bandung

Rancang Kuda-kuda dari POLBAN

Rancang Kuda-kuda dari Maranatha
 
Rancang Kuda-kuda dari UGM

Rancang Kuda-kuda dari UNS

Percobaan Pembebanan


Perancang Kuda-kuda dari UGM





0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...